Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Pesantren Modern Terbaik di Jakarta

A. Letak  Alamat dan Kontak Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Gerbang Masuk Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Gerbang Masuk Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta


Alamat: Jl. Ulujami Raya No.86, Ulujami, Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250

Telpon: (021) 7350187

Situs Web: http://www.darunnajah.com/
Email:http://www.darunnajah.com/


B. Riwayat Sejarah dan Pendiri Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

1.   Periode Cikal Bakal (1942-1960)

Masjid Utama Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Masjid Utama Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Pada tahun 1942 K.H. Abdul Manaf Mukhayyar mempunyai sekolah Madrasah Al-Islamiyah di Petunduhan Palmerah. Tahun 1959 tanah dan madrasah tersebut digusur  untuk perlunasan komplek Perkampungan Olah Raga Sea Games, yang sekarang dikenal dengan komplek Olah Raga Senayan. Untuk melanjutkan cita-citanya, maka diusahakanlah tanah di Ulujami.

Tahun 1960, didirikan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI), dengan tujuan agar di atas tanah tersebut didirikan pesantren. Periode inilah yang disebut dengan periode cikal bakal, sebagai modal pertama berdirinya Pondok Pesantren Darunnajah.

2.   Periode Rintisan (1961-1973)

Pada tahun 1961 K.H. Abdul Manaf membangun gedung madrasah enam lokal di atas tanah wakaf. Ide mendirikan pesantren didukung oleh H. Kamaruzzaman yang saat itu sedang menyelesaikan kuliahnya di Yogyakarta. Untuk pengelolaan pendidikan diserahkan kepada Ust. Mahrus Amin, alumnus KMI Gontor yang mulai menetap di Jakarta pada tanggal 2 Februari 1961. karena banyaknya rintangan dan hambatan, maka pendidikan belum bisa dilaksanakan di Ulujami, tetapi dilaksanakan di Petukangan bersama beberapa tokoh  masyarakat, diantarannya Ust. Abdillah Amin dan H. Ghozali, berkerjasama dengan YKMI. Tanggal 1 Agustus 1961, Ust. Mahrus Amin mulai membina madrasah Ibtidaiyah Darunnajah dengan jumlah siswa sebanyak 75 orang dan tahun 1964 membuka Tsanawiyah dan TK Darunnajah.

Tahun 1970 ada usaha memindahkan pesantren ke Petukangan, tapi mengalami kegagalan. Dan usaha merintis pesantren pernah  pula dicoba dengan menampung kurang lebih 9 anak dari Ulujami dan Petukangan, yakni antara tahun 1963-1964. dan tahun 1972 menampung kurang lebih 15 anak di Petukangan, namun kedua usaha itu tidak dapat dilanjutkan dengan berbagai kesulitan yang timbul.

Para periode ini, meskipun pesantren yang diharapkan belum terwujud, tetapi dengan usaha-usaha tersebut, Yayasan telah berhasil mempertahankan tanah wakaf di Ulujami dari berbagai rongrongan, antara lain BTI/PKI saat itu.

3.   Periode Pembinaan dan Penataan (1974-1987)

Pada tanggal 1 April 1974, dicobalah untuk ke sekian kalinya mendirikan Pesantren Darunnajah di Ulujami. Mula-mula Pesantren mengasuh 3 orang santri, sementara Tsanawiyah Petukangan dipindah ke Ulujami untuk meramaikannya. Baru pada tahun 1976, Madrasah Tsanawiyah Petukangan dibuka kembali dan secara berangsur, Pesantren Darunnajah Ulujami hanya menerima anak yang mukim saja, kecuali anak Ulujami yang boleh pulang pergi. Bangunan yang pertama didirikan adalah masjid dengan ukuran 11 X 11 m dan beberapa lokal asrama. Bangunannya meskipun sederhana, namun sudah sesuai dengan master plan yang dibuat oleh Ir. Ery Chayadipura. Pada awal pembangunannya, seluruh santri selalu dilibatkan untuk membantu kerja bakti. Pada periode inilah ditata kehidupan di Pesantren Darunnajah dengan sunnah-sunnahnya.
  •   Aktivitas santri dan kegiatan pesantren disesuaikan dengan jadual waktu shalat. Menggali dana dari pesantren sendiri untuk lebih mandiri.
  • Meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, dengan dibentuk Lembaga Ilmu Al-Qur’an (LIQ), Lembaga Bahasa Arab dan Inggris (LBA/I) dan Lembaga Da’wah dan Pengembangan Masyarakat (LDPM).
  • Beasiswa Ashabunnajah  (kelompok santri penerima beasiswa selama belajar di Darunnajah) untuk kader-kader Darunnajah.  Diharapkan  untuk selanjutnya dari setiap seluruh santri yang bayar, satu orang bebas biaya dari kelompok yang tidak mampu.

4.   Periode Pengembangan (1987-1993)

Darunnajah mulai melebarkan misi dan cita-citanya, mengajarkan agama Islam, pendidikan anak-anak fuqara’ dan masakin dan bercita-cita membangun seratus Pondok Pesantren Modern. Masa inilah, saat memancarkan pancuran kesejukan ke penjuru-penjuru yang memerlukan.

5.   Periode Dewan Nazir (1994-sekarang)

Gedung Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Perjalanan sejarah Pesantren Darunnajah yang relatif lama telah menuntut peraturan kesempurnaan untuk menjadi lembaga yang baik. Belajar dari perjalanan pondok pesantren di Indonesia dan melihat keberhasilan lembaga Universitas Al-Azhar Cairo Mesir, yang telah berumur lebih 1000 tahun lamanya, Yayasan Darunnajah yang memayungi segala kebijakan yang telah berjalan selama ini, berusaha merapikan dan meremajakan pengurus yayasan.

Dengan niat yang tulus dan ikhlas, wakif  tanah di Ulujami Jakarta K.H.Abdul Manaf Mukhayyar, Drs.K.H. Mahrus Amin, dan Drs.H. Kamaruzzaman Muslim yang ketiganya mengatasnamakan para dermawan untuk wakaf tanah di Cipining Bogor seluas 70 ha, mengikrarkan wakaf kembali di hadapan para ulama dan umara dalam acara nasional di Darunnajah pada tanggal 7 Oktober 1994.

Dalam acara tersebut wakif menguraikan niat dan cita-citanya mendirikan lembaga ini di atas sebuah piagam wakaf yang ditandatangani oleh para pemegang amanat, Dewan Nazir dan Pengurus Harian Yayasan Darunnajah yang disaksikan oleh para tokoh masyarakat dan ormas di Indonesia.

C. Jenis dan Sistem Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Jenis Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Pondok Pesantren Modern (Sekolah Islam Modern Berasrama)

Yayasan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Badan tertinggi Pondok Pesantren Darunnajah adalah Yayasan Darunnajah yang dibentuk pada tanggal 22 September 1986. Yayasan Darunnajah merupakan Badan Hukum yang menaungi seluruh organisasi yang berada dilingkungan yayasan maupun di lingkungan Pondok Pesantren. Badan Hukum ini terdiri dari; DewanNazir dan Pengurus Yayasan Darunnajah

Landasan Falsafah Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Misi, Visi Darunnajah didirikan adalah:
Visi : Menciptakan kader ummat yang bertafaqquh fi ddin, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia berpengetahuan luas, terampil dan ulet yang tersebar di seluruh Indonesia.
Misi : Menciptakan lembaga – lembaga pendidikan Islam, Lembaga-lembaga dakwah, lembaga-lembaga pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pola Dasar Pendidikan 
Dalam upaya tercapainya pendidikan, Pesantren Darunnajah menerapkan pola dasar pendidikan yang meliputi :

Panca Jiwa adalah pendidikan yang ditanamkan kepada setiap santri untuk membentuk dan melandasi kepribadiannya ;
  1. Jiwa Keikhlasan
  2. Jiwa Kesederhanaan
  3. Jiwa Mandiri
  4. Jiwa Ukhuwah Islamiyah
  5. Jiwa Bebas Merdeka
Panca Bina merupakan arah pembinaan santri yang akan melahirkan sikap hidup yang nyata dalam langkah dan amaliah sehari-hari ;
  1. Bertaqwa kepada Allah SWT
  2. Berakhlak Mulia
  3. Berbadan Sehat
  4. Berwawasan Luas
  5. Kreatif dan Terampil
Panca Dharma adalah bakti santri sebagai makhluk, anggota masyarakat dan warga negara, sehingga keberadaan santri tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, tetapi juga bagi orang lain dan alam sekitarnya;
  1. Ibadah
  2. Ilmu yang berguna di masyarakat
  3. Kader umat
  4. Dakwah Islamiyah
  5.  Cinta tanah air dan berwawasan Nusantara

Sruktur Organisasi:
Badan tertinggi Pondok Pesantren Darunnajah adalah Yayasan Darunnajah yang dibentuk pada tanggal 22 September 1986. Yayasan Darunnajah merupakan Badan Hukum yang menaungi seluruh organisasi yang berada dilingkungan yayasan maupun di lingkungan Pondok Pesantren. Badan Hukum ini terdiri dari;

Dewan Nazir
Dewan Nazir adalah mereka yang dipercaya oleh pendiri sebagai pembina dalam organisasi, terdiri dari 11 orang.
  • Ketua : KH Djamhari Abdul Jalal, Lc.
  • Sekretaris : Drs.H.Sofwan Manaf, M.Si.
  • Anggota : DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A, Drs.KH. Mahrus Amin, H. Hadidi, SH, Drs.H. Azhari Baidhowi, H. Abdul Ghofur, Drs.KH. Mad Rodja Sukarta, Drs.H. Mahfudz Makmun dan Drs. H.M. Habib Chirzin
Pengurus Yayasan Darunnajah
  • Ketua Umum : H. Saifuddin Arief, SH, MH,
  • Sekretaris : Drs.H.Mustofa Hadi Chirzin dan H.Abdul Haris Qodir.
  • Bendahara : Drs.H. Bahruddin Moyensyah, M.M dan Hadiyanto Arief, SH, M.Bs
  • Pengawas : DR. H. Supriyadi Ahmad, M.A., Ir. H. Edi Sutaryadi Wariat dan Drs.H. Muhammad Thoha Rasyidi, Ak
Untuk Efektifitas kegiatan organisasi, yayasan dibantu oleh Bidang-bidang :
  1. Bidang Pondok Pesantren
  2. Bidang Perguruan Tinggi
  3. Bidang Usaha dan Pengembangan Bisnis
  4. Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Waqaf
Pondok Darunnajah Ulujami Jakarta merupakan pusat kegiatan pesantren dan cabang-cabangnya. Pimpinan Pesantren dibantu oleh 5 (lima) biro yang bertugas merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kinerja organisasi guna mengoptimalkan proses pendidikan dan pengajaran di pesantren:

Biro Pendidikan, membawahi;
a. Kelompok Bermain
b. Taman Kanak-kanak (TK)
c. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA-TKA)
d. Sekolah Dasar Islam (SDI)
e. Tarbiyatul Mu’allimin/at Al-Islamiyah (MTs, MAK, MAU dan SMA)
f. Lembaga Bahasa (LB) Arab dan Inggris
g. Perpustakaan dan laboratorium
h. Lembaga Ilmu Al-Quran (LIQ)
i. Darunnajah Computer Center

Biro Administrasi, Keuangan dan Usaha, membawahi:
a. Keuangan
b. Kesekretarisan
c. Publikasi dan Dokumentasi
d. Bidang-bidang usaha Darunnajah

Biro Pengasuhan Santri, membawahi:
a. Organisasi Santri
b. Keamanan Pesantren
c. Bimbingan dan Konseling
d. Musyrif
e. Bahasa
f. Marching Band Putri Darunnajah

Biro Rumah Tangga, meliputi:
a. Kesehatan
b. Kesejahteraan
c. Perawatan
d. Kebersihan
e. Pembangunan
f. Dapur Umum
g. Listrik dan Air

Biro Kemasyarakatan, mengelola:
a. Lembaga Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (LDPM)
b. Peringatan hari-hari Besar Islam
c. Ashabunnajah dan Alumni
d. Ta’mir Masjid
e. Protokoler pesantren

C. Sistem Pendidikan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta


Koperasi Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Koperasi Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Pondok Pesantren Darunnajah menganut sistem kepemimpinan kolektif, dimana pimpinan tertinggi dipegang oleh tiga orang sekaligus dengan pembagian kerja sesuai keahlian masing-masing personal.

Pendidikan adalah program inti Pondok Pesantren Darunnajah yang tentu saja harus ditopang dan didukung dengan program-program lainnya. Pondok Pesantren Darunnajah menerapkan sistem pendidikan terpadu, dimana kekurangan sistem akan diisi dengan kelebihan sistem lainnya.

Tiga sistem yang diterapkan adalah
  1. Sistem Pondok Modern, 
  2. Sistem Madrasah, 
  3. Sistem Pesantren Salaf.
Pondok Pesantren Darunnajah lebih mengutamakan pendidikan daripada pengajaran, karena pendidikan tidak hanya mengasah daya fikir santri, tetapi lebih kepada pembentukan pribadi santri dalam seluruh hidupnya.

Pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah lebih diarahkan kepada :
  1. Pendidikan kader-kader umat yang mampu dan terampil di tengah-tengah masyarakatnya, 
  2. Pembinaan generasi muda yang mampu melanjutkan studinya sesuai dengan bakatnya dan kelak tetap berada di tengah masyarakat dengan menjunjung tinggi amar ma’ruf nahi munkar, 
  3. Beribadah dan mencari ilmu karena Allah SWT.
Gedung Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Gedung Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Untuk meningkatkan mutu di bidang pendidikan dan pengajaran, selalu diusahakan dengan mengadakan seleksi calon guru, pelatihan dan penataran untuk peningkatan mutu guru, mencontoh lembaga pendidikan lain yang sudah maju dan selalu menerima saran dari berbagai pihak.

Jenjang pendidikan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta:

Paud, TK, SD, TMI (setara SLTP/SLTA atau setingkat SMP/Mts – SMA/Madrasah Aliyah) Sampai Perguruan Tinggi . Sekolah-sekolah ini sudah akreditasi A

Kurikulum Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta: 

Perpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor dan kurikulum Nasional serta Pesantren Salafiah.

Guru dan Pengajar Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta:  

Tenaga pengajar tersebut disyaratkan sehat jasmani dan rohani, memiliki jenjang pendidikan minimal berlatar belakang pondok pesantren ; yaitu alumni Pondok Pesantren Darunnajah atau Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pelajar Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta : 

Suasana Wisudawan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Suasana Wisudawan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Pada tahun 2018 jumlahnya mencapai 9.230 santri, dengan santri Pondok Pesantren Darunnajah Pusat sejumlah 3.900 dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi dengan 2.654 TMI berasrama dan insya Allah akan terus bertambah.

D. Fasilitas Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta


Gedung dan Lapangan Olahraga Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Gedung dan Lapangan Olahraga Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
  1. 2 Masjid: Masjid Utama dan Masjid Pusaka
  2. Ruang kelas ; yang terdiri dari ruang kelas Putra sebanyak 32 unit dan ruang kelas Putri sebanyak 45 unit kelas yang semuanya menggunakan pendingin ruangan (AC).
  3. Perpustakaan
  4. Laboratorium: yang terdiri dari 2 unit Laboratorium Bahasa (Arab dan Inggris), 3 unit Laboratorium MIPA (Biologi, Fisika, Kimia), dan 3 unit Laboratorium Komputer.
  5. Ruang Audio Visual
  6. Ruang BK
  7. Ruang Career Center
  8. Gedung Asrama
  9. Kantin
  10. Dapur atau Ruang Makan
  11.  Ruang pertemuan (Aula)
  12. Gedung Olah Raga (GOR)
  13. Mini Market
  14. Koperasi
  15. Lapangan olah raga
  16. Kolam renang indoor
  17. Bank
  18. Laundry
  19. Tours & Travel
  20. Production House
  21. Tabungan santri
Kamar Tidur Santri Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Kamar Tidur Santri Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta


D.Ekstarkulikuler dan Kegiatan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Kegiatan Wajib Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

  1. Muhadhoroh (latihan berpidato), (Indonesia, Arab dan Inggris).
  2. Pramuka
  3. Pendidikan Komputer
  4. Praktek Mengajar (kelas III MA)*
  5. Praktek Da’wah dan Pengembangan Masyarakat (kelas III MA)*
  6. Kursus Mahir Dasar (kelas I MA)*
  7. Riset Kependidikan (kelas III MA)*
  8. Pengajian Kitab (Tafsier Al-Qur’an, Alhadits, Sejarah Nabi dan Sahabat, Kitab Fiqih/kuning dan kitab tentang akhlak)
  9. Seni Beladiri (pencak silat)
  10. Organisasi dan Kepemimpinan (MA)
  11. Safari Da’wah ke Masyarakat  (seminggu sekali)**
* Sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir (UN/UAS dan Ujian Pondok)
** Sesuai dengan jadwalnya masing-masing
Kepramukaan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Kepramukaan Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta


Kegiatan Pilihan/Anjuran (ekstrakulikuler) Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

  1. Tilawah (seni baca) dan kajian al-qur’an
  2. Rihlah Ilmiyah (study tour)
  3. Olahraga
  4. Keterampilan
  5. Seni Budaya (teater, drumband, dll)
  6. Koperasi, dan
  7. Pertanian (kewirausahaan)

E. Karakteristik dan Spesifikasi


Panca Dharma dan Panca Jiwa Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Panca Dharma dan Panca Jiwa Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta
Kurikulum Pondok Pesantren Darunnajah adalah perpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, Kurikulum Nasional dan Pesantren Salafiah.

Bidang-bidang (ilmu-ilmu) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya, begitu pula (ilmu-ilmu) agama Islam diajarkan dengan Bahasa Arab (tujuannya antara lain agar santri/siswa mampu memahami dan menerangkannya dengan bahasa aslinya). Adapun bidang studi lainnya diajarkan dalam bahasa Indonesia.

Sebagai sekolah Islam berasrama yang berkualitas, Pondok Pesantren Darunnajah punya banyak sekali kegiatan menarik bagi santri-santrinya. Kegiatan ekstra kurikuler begitu hidup disini. Santri-santrinya baik, sopan, santun, pintar dan berprestasi.

Fasilitas lengkap, bahkan kolam renang pun ada disini. Lahannya luas , dan Fasilitas olaraga yang lengkap. Pesantren menyediakan wisma bagi tamu yang ingin menginap. Tersedia puluhan kamar wisma dengan fasilitas full AC dan kamar mandi dalam.

Pondok Pesantren Darunnajah adalah Lembaga Pendidikan Islam yang independen, tidak berafiliasi kepada partai politik atau organisasi masyarakat tertentu. Tidak terlibat/berhubungan dengan kelompok/aliran/ajaran apapun di luar Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Motto kami adalah “Berdiri Di Atas Dan Untuk Semua Golongan”.

F. Pendaftaran Pondok  Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Untuk pendaftaran ada beberapa sarat, Pesantren Darunnajah Jakarta  sudah membuka Pendaftaran Calon Murid Baru/Pindahan Tahun Pelajaran untuk semua jenjang SD, TMI (setara SLTP/SLTA atau setingkat SMP/Mts – SMA/Madrasah Aliyah).

Anda bisa datang kapan saja untuk melihat-lihat, survei atau mendaftar. Pihak Pesantren Darunnajah Jakarta selalu siap melayani Anda. Kantor Penerimaan Murid Baru buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 16.00, termasuk hari libur juga tetap buka.

Atau untuk info lengkapnya juga bisa langsung  mengunjungi situs resmi  Pesantren Darunnajah Jakarta di http://darunnajah.com/pendaftaran-santri-baru/

Sumber : Darunnajah.com, Google Maps

Post a Comment

Previous Post Next Post